Apa itu Efektifitas??
Mengenal Efektifitas
A. Pengertian Effektifitas
Kata efektif berasal dari bahasa Inggris yaitu effective yang berarti berhasil atau sesuatu yang dilakukan berhasil dengan baik.
Pengertian efektivitas ialah seberapa baik pekerjaan yang dilakukan, sejauh mana orang menghasilkan keluaran sesuai dengan yang diharapkan. Artinya apabila suatu pekerjaan dapat diselesaikan sesuai dengan perencanaan, baik dalam waktu, biaya, maupun mutunya maka dapat dikatakan efektif.(Ravianto , 2014)
efektivitas adalah penilaian yang dibuat sehubungan dengan prestasi individu, kelompok dan organisasi. Semakin dekat prestasi mereka terhadap prestasi yang diharapkan “standar” maka mereka dinilai semakin efektif (Gibson et.al , 2013)
B. Prespektif dan Kegunaan Efektifitas
Prespektif efektifitas terdiri dari yang paling dasar
ada efektifitas individu, kemudian kelompok, dan organisasi.
1. Efektifitas Individu
Efektifitas individu
merupakan prespektif mendasar dari efektifitas yang ada. Efektifitas individu
merupakan pelaksanaan tugas atau peran individu yang tergabung dalam sebuah
pekerjaan atau organisasi. Efektifitas ini menekan pada tugas- tugas yang harus
dilakukan individu sebagai bagian dari pekerjan atau posisinya ditempat
tersebut. Individu harus melakukan tugasnya dengan baik karena para manajer
akan selalu melakukan evaluasi atas kinerjanya.
Sumber kecangkupan : keahlian, pengetahuan, sikap, motivasi, dan stress
2. Efektivitas Kelompok
Efektifitas kelompok,
individu saling bekerjasama dalam memenuhi tugas dan tanggung jawabnya.
Pengambilan keputusan akan selalu mementingkan prespektif dari anggota –
anggota kelompok ini. Penghasilan akan mempengaruhi keefektifan kelompok.
Sumber kecangkupan :kepemimpinan, struktur, status, peranan norma
3. Efektivitas Organisasi
Keefektifan ini
terdiri dari individu dan kelompok sehingga, keefektifannya dapat dilihat dari
tugas individu dan kelompok.
Sumber kecangkupan : lingkungan, teknologi, struktur, dan pilihan strategis
C. Contoh Efektifitas dalam Kehidupan.
1. Seorang karyawan customer service diharapakan dapat melayani 10 pelanggan setiap harinya. Pada kenyataannya karyawan tersebut dapat melayani 11 pelanggan per hari, maka karyawan tersebut dianggap memiliki efektivitas yang baik.
2. Seorang
manajer membawahi 20 orang pegawai dan harus membagi tugas/ pekerjaan
masing-masing pegawai tersebut. Pada kenyataannya manajer tersebut tidak dapat
menentukan orang terbaik di suatu posisi, maka manajer tersebut dianggap tidak
memiliki efektivitas yang baik.
Komentar
Posting Komentar